Molting Pada Lobster

Tuesday, July 3rd 2018. | Hewan

molting lobsterMolting (ekdisis) ialah kejadian berganti kulit luar (kutikula) pada hewan-hewan arthropoda termasuk lobster. Molting terjadi sepanjang kehidupan lobster dan diharapkan untuk tumbuh menjadi lebih besar. Kulit luar lobster terbuat dari materi khitin yang keras, kulit ini melindungi lobster dari serangan binatang lain, namun juga menjadi penghambat untuk pertumbuhan badannya. Oleh sebab itu, semoga tubuhnya bisa menjelma lebih besar, mereka perlu mengelupaskan kulit lamanya dan diganti dengan kulit gres yang lebih besar.

Peristiwa molting dipengaruhi oleh kadar hormon ekdisteroid pada tubuh lobster. Sekresi hormon tersebut akan meningkat dalam beberapa hari menjelang molting dan mencapai puncaknya beberapa ketika menjelang terjadi molting. Peningkatan kadar hormon ekdisteroid akan mensugesti tubuh lobster untuk mengelupaskan kulit lamanya dan menggantinya dengan kulit baru.

Molting terjadi sepanjang kehidupan lobster dan diharapkan untuk tumbuh menjadi lebih bes Molting Pada Lobster

Saat molting, lobster akan banyak menyerap air semoga tubuhnya menjadi lebih besar. Tubuh yang lebih besar diharapkan semoga tubuhnya bisa menekan kulit lamanya semoga segera mengelupas. Ketika seluruh kulitnya telah mengelupas, air yang terdapat pada tubuhnya akan diganti dengan jaringan gres sehingga tubuh lobster menjadi berukuran lebih besar. Kulit gres yang dihasilkan masih belum sekuat yang usang dan masih cukup fleksibel sehingga bisa mengikuti perkembangan tubuh lobster tersebut.

Molting merupakan aktivitas yang membutuhkan energi yang sangat besar, lobster yang telah simpulan molting biasanya sangat lemas dan hanya berdiam diri di shelter atau pojok kolam. Mereka sangat rawan terhadap serangan teman-temannya sebab kulitnya masih rapuh dan tubuhnya masih lemah. Oleh sebab itu diharapkan adanya shelter untuk berlindung hingga kulitnya mengeras.

Saat molting, lobster akan mengelurkan banyak sekali macam enzim dan asam amino yang akan menciptakan nafsu makan lobster lainnya meningkat. Ini menjadi salah satu penyebab kejadian kanibalisme pada lobster yang gres molting. Apabila lobster yang gres molting gagal bersembunyi, bisa jadi ia akan dimakan teman-temannya hingga habis atau paling tidak kehilangan beberapa anggota tubuhnya. Ketika lobster masih berukuran kecil, mereka akan sering mengalami molting. Namun semakin besar lobster semakin jarang pula terjadi molting.

fishing lover ,Sekian informasi tentang molting pada lobster,

tags: , , ,